Mencapai Puncak Gunung? Siapa Bilang Sulit?

www.bloggergunung.wordpress.com

Naik Gunung itu sebuah hobi yang ekstrim. Naik gunung beresiko besar. Naik gunung membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semuan memang benar. Tapi siapa bilang mencapai puncak gunung itu sebuah hal yang sulit?

Mencapai puncak gunung itu kini adalah sebuah hal yang mudah dan gampang. Tinggal ada niat serta kemauan saja. Modal? Keberanian? Ya tentu saja semua itu juga perlu. Mana ada hal yang serba gratis, wong mau kencing saja paling tidak harus sedia receh seribu-dua ribu perak, ya kan? Mudah dan gampang yang kusebutkan di sini, adalah dengan banyaknya orang yang gemar naik gunung, menjadikan akses mendaki gunung itu sendiri lebih mudah dan memperkecil resiko yang dibilang sebelumnya beresiko besar.

Saat ini, tidak hanya mahasiswa yang tergabung dalam pencinta alam saja yang “berhak” hidup dan menjejakkan langkah di gunung. Siapa pun, tua muda, kaya miskin, terpelajar tau bukan, siapa saja bisa naik gunung.

Bagaimana dengan keamanan dan serta keselamatan? Sebelum melangkah tentu saja sebagai pemula harus lebih banyak mencari informasi yang akurat. Bisa melalui internet seperti yang kulakukan, juga melalui orang-orang yang memang sudah banyak makan asam garam alias banyak pengalaman dalam jalur pendakian.

Mudahnya menjejakan kaki di sebuah puncak gunung, jika akan melakukan pendakian, sebaiknya bagi pemula (pertama kali melakukan perjalanan di jalur tertentu) maka sebaiknya mengikuti sebuah even, atau gabung dengan komunitas pendaki yang sudah semakin terbuka dan membolehkan khalayak umum mengikutinya.

Selain biaya sudah bisa ditentukan, jadi jika mau ikut kita bisa menabung dan menargetkan berapa dana yang harus kita siapkan, juga dengan adanya panitia penyelenggara dari komunitas pendaki (atau orang yang sudah berpengalaman) keamanan kita pun bisa dimaksimalkan. Dan satu hal lain, mereka justru mendorong kita yang bisa saja lemah, atau tiba-tiba BT, ngedrop di jalan dan alasan lainnya, untuk bisa terus semangat hingga sukses bisa sampai puncak, sesuai dengan target dan perencanaan. Luar biasa kan?

Jadi mulai sekarang, naik dan mencapai puncak gunung itu bukan sebuah hal yang sulit, bukan?

Leave a comment